Mulutmu Harimaumu

 

 

Tak terasa ya puasa kita sekarang udah hari ke-13, masih semangat kan puasanya ??? kang fatih aja masih semangat nih… nunggu bukanya hehehe gak deng semagat jalanin puasa maksudnya hehehe… ooh iya sekarang hari kamis ya, berarti saatnya kang fatih kasih tau tentang adab-adab yang pastinya nyeru bangeeeet…

 

Kalo ngomongin puasa nih pasti identiknya sama nahan lapar dan haus ya, eitts tapi bukan cuman itu aja yaa, kang fatih mau kasih tau aja ya puasa ntuh masih banyak yang harus kita tahan selain makan sama minum aja, menahan lisan misalnya….jadi jangan asal keluar dari mulut aja ya. makanya sahabat kang fatih harus jaga lisannya baik-baik jangan sampai mengucapkan kata2 yang tidak bermanfaat dan senonoh. Ya udah sekarang kita lihat apa aja sih ucapan-ucapan yang sangat tidak bermanfaat di bulan Ramadhan ini

 

  1. Berkata Dusta (az zuur)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari no. 1903)

Tuh dari dari hadits diatas juga kalo kita ngebohong nih puasa kita gak bakalan diterima sama Allah SWT audzubillah mindzalik…. jadi hati-hati ya sahabat fatih.

 

  1. Berkata lagwu (sia-sia) dan rofats (kata-kata porno)

 

“Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa”.” (HR. Ibnu Majah dan Hakim. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1082)

 

Jadi lagwu tuh kata-kata yang sia-sia, percuma, tidak berguna atau tidak ada manfaatnya sama sekali, sedangkan Klo rofats kata-kata yang berbau porno dan semua perkataan keji, jadi hati-hati ya dalam menjaga ucapan kita terutama laki-laki nih jangan sampai mengucapkan kata-kata rofats hehehe…

 

 

So… sahabat kang fatih mesti bersyukur kita diberi lisan untuk berbicara, mengobrol dengan kawan kita, jangan biarkan puasa kita sia-sia karena ucapan yang tidak bermanfaat, lebih baik lisan kita digunakan untuk membaca Al-Qur’an dan hadits, mengucap kata syukur, dan kata-kata yang bermanfaat lainnya…ingat ya ada peribahasa semua bisa jadi macan…eh salah harusnya mulutmu harimaumu✌️?…selamat menunaikan ibadah puasa.

 

( sumber : https://rumaysho.com/469-jangan-biarkan-puasamu-sia-sia.html )

 

Written by : Azwar Fatwa Fauzi – FIF 2015

Tinggalkan Balasan